20 Jurnalis Indonesia Liput Penyelenggaraan Ibadah Haji

frasamedia.com, Jakarta – Kementerian Agama (Kemenag) memberangkatkan 20 jurnalis ke Makkah untuk meliput penyelenggaraan ibadah haji 1444H/2023M. Para jurnalis ini tergabung dalam tim Media Center Haji (MCH) Daerah Kerja Makkah (Daker Makkah).

“Teman-teman jurnalis yang berangkat hari ini, kami harap dapat memperkaya informasi dan edukasi bagi jemaah haji kita,” kata Direktur Bina Haji Arsad Hidayat, di Jakarta, Selasa (31/5/2023).

Mengutip kemenag.go.id, Kemenag juga telah memberangkatkan beberapa jurnalis pada 20 Mei 2023. Penempatan para penulis berita tersebut berada di Daker Bandara dan Madinah, Arab Saudi.

“Tanggal 1 Juni 2023, jemaah haji kloter pertama mulai diberangkatkan dari Madinah ke Makkah. Jadi nanti teman-teman MCH setibanya di Makkah, juga langsung bertugas,” jelasnya.

“Makkah akan mulai menjadi pusat pemberitaan. Kami berharap teman-teman dapat menyampaikan informasi yang mencerahkan dari sana,” sambung Arsad.

Staf Khusus Menteri Agama Wibowo Prasetyo, mengatakan para wartawan yang bertugas meliput penyelenggaraan ibadah haji ini, harus menyadari kewajiban sebagai pelayan jemaah.

“Teman-teman merupakan bagian dari Petugas Penyelenggara Ibadah Haji. Jadi harus diingat, meskipun bertugas meliput, tapi kalau jemaah membutuhkan bantuan teman-teman, maka harus didahulukan,” tegas Wibowo.

“Berita yang diproduksi teman-teman menjadi sumber edukasi bagi jemaah,” sambungnya.(*)

Editor: Ran

Leave a comment