Awal Ramadan, Wilayah Kepri Berpotensi Hujan dan Banjir Rob

frasamedia.com, Tanjungpinang – Memasuki awal Ramadan 1445 Hijriah, sejumlah wilayah di Provinsi Kepri berpotensi hujan deras dan banjir rob.

Menurut prakiraan BMKG, awal Ramadan, hujan serta banjir rob berpotensi melanda sejumlah daerah di pesisir Kepri, salah satunya pesisir Bintan.

Sedangkan hujan dengan intensitas ringan, sedang hingga tinggi, berpotensi terjadi di Tanjungpinang dan sejumlah daerah lainnya di Kepri pada awal Ramadan.

Selain itu, BMKG memprediksi pada awal bulan Ramadan, petir serta angin kencang berdurasi singkat akan menyertai hujan dan banjir rob.

Prakirawan BMKG Tanjungpinang Khalid Fikri, mengatakan potensi banjir rob di pesisir terjadi karena adanya fenomena Super New Moon atau fase bulan baru.

Fase itu bersamaan dengan Perigee (jarak terdekat bulan ke bumi) pada 10 Maret 2024 berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum.

Berdasarkan data Water Level dan prediksi pasang surut, banjir rob berpotensi terjadi di beberapa wilayah pesisir Indonesia, yakni pesisir Bintan.

Leave a comment