Mahasiswa STAI Miftahul Ulum Gelar KKN di Desa Penaga

frasamedia.com, Bintan – Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Miftahul Ulum, Tanjungpinang menggelar Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Penaga, Bintan, Minggu (4/6/2023). 

Bagi mewarnai kegiatan diluar kampus ini, Mahasiswa STAI Miftahul Ulum yang tergabung dalam KKN Kelompok 06 merancang beberapa kegiatan ditengah masyarakat. 

Salah satunya adalah menggelar Seminar Fardhu Kifayah yang dlaksanakan di Masjid Al-Amin, Kampung Kemalai, Kecamatan Teluk Bintan, Bintan.

“Dalam program KKN Kelompok  06 ini, kami menggelar beberapa kegiatan. Salah satunya adalah Seminar Fardhu Kifayah bagi kelompok masyarakat yang ada di Desa Penaga, Bintan,” ujar Ketua KKN Kelompok 06, Rizki Amaliansyah. 

Ia menjelaskan, latar belakang digelarnya seminar ini adalah melihat kondisi sosial masyarakat yang ada di wilayah tersebut. Selain itu, juga mempertimbangkan saran dan masukan dari tokoh masyarakat yang ada disana. 

“Sehingga kita diputuskan untuk menggelar Seminar Fardhu Kifayah. Semoga menjadi bekal pengetahuan bagi masyarakat,” harapnya. 

Ditambahkannya, dalam kegiatan ini, pihaknya juga melibatkan generasi-generasi penerus yang ada di wilayah KKN. Sehingga bisa mendapatkan pembekalan tentang pentingnya fardhu kipayah. 

“Fardhu kifayah adalah merupakan kewajiban kita terhadap saudara muslim yang meninggal. Maka satu kewajiban bagi kita untuk sama-sama mempelajarinya,” tuutp Rizki. 

Adapun pemateri dalam kegiatan ini adalah Saripuddin yang merupakan Dosen Pembimbing Lapangan pada pelaksaan KKN Kelompok O6 ini. 

Lewat seminar ini, mereka memberikan pemahaman mengenai tata cara mengkafani jenazah dan proses fardu kifayah lainnya. 

“Kegiatan seperti ini adalah kegiatan yang sangat mulia, jadi melalui seminar fardhu kifayah ini nantinya para peserta diharapkan dapat untuk menerapkannya saat telah kembali ke masyarakat,” ujarnya.(*) 

Editor : Jar

Leave a comment