Peternak Sapi Kurban Tanjungpinang Kebanjiran Pesanan

frasamedia.com, Tanjungpinang – Jelang Hari Raya Iduladha 1444 Hijriah pada 29 Juni 2023, peternak di Tanjungpinang kebanjiran pesanan hewan kurban.

Meskipun peternak menjual dengan harga yang terbilang cukup tinggi, hewan kurban sapi dan kambing tetap laku terjual.

Seorang peternak di Tanjungpinang Sembiring, mengatakan ia menyediakan 120 ekor sapi kurban, untuk memenuhi kebutuhan Iduladha tahun 2023.

Ia mendatangkan sapi kurban dari daerah zona hijau Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Dari 120 ekor hewan yang tersedia, 110 sapi kurban terjual.

“Persediaan hewan kurban tahun ini cukup. Di tempat peternak lain juga masih ada, jadi masyarakat tidak perlu khawatir,” kata Sembiring, Selasa (27/6/2023).

Harga sapi kurban, kata Sembiring, seharga Rp 21 juta hingga Rp 26 juta per ekornya. Harga sapi tahun 2023 mengalami kenaikan Rp 1 sampai Rp 2 juta.

Kenaikan harga sapi karena biaya operasional pengiriman sapi dari daerah asal cukup tinggi. Sehingga, peternak terpaksa menaikkan harga.

“Sapi dari Natuna dan Nusa Tenggara Timur (NTT). Mengalami kenaikan harga sedikit, karena ongkos pengiriman cukup tinggi,” ungkap Sembiring.

Selain sapi, kambing kurban milik sembiring juga hampir ludes terjual. Dari 40 ekor, hanya tersisa beberapa ekor saja yang belum terjual.

“Kambing harganya Rp 3,5 sampai Rp 5 juta per ekor. Tinggal beberapa saja yang tersisa,” terang Sembiring. (*)

Editor: Ran

Leave a comment